BeritaTV24

Berita Hits & Viral TV Hari Ini

Travel

Negara Terdingin Yang Terdapat Di Dunia

Negara Terdingin Yang Terdapat Di Dunia
Negara Terdingin Yang Terdapat Di Dunia

Negara Terdingin Yang Terdapat Di Dunia Dengan Kondisi Daerah Yang Memang Di Katakan Jarang Terekspos Matahari. Hai semuanya selamat siang kami kembali hadir menyapa kalian. Tentu saja dengan berbagai informasi yang terbaru. Untuk nantinya dapat anda simak dengan informasi yang baru lagi. Nah kali ini kami akan membahas tentang daerah yang punya suhu dingin. Mungkin dari kalian ada yang masih belum tahu tentang hal ini. Karena di dunia terdapat beberapa daerah yang masuk dalam kategori ini. Untuk itu bagi anda yang penasaran daerah mana saja yang kami maksud. Dengan nantinya kami akan membahas secara lengkap tentang Negara Terdingin. Tentunya dengan mengulas daerah dingin mana saja yang ada di dunia. Oleh sebab itu bagi anda yang masih belum mengetahui hal ini. Anda dapat membaca secara lengkap artikel yang kami sajikan ini. Gunanya menambah informasi yang belum anda ketahui kelengkapannya. Jadi simaklah terus kelengkapan informasi yang akan kami berikan.

Mengenai konten Negara Terdingin yang terdapat di dunia telah di terbitkan oleh Kompas.com.

Kazakhstan

Wilayah ini adalah salah satu negara yang termasuk dalam daftar negara-negara terdingin di dunia. Terutama karena letaknya yang berada di Asia Tengah dan merupakan negara tanpa pantai terbesar di dunia. Meskipun sebagian besar wilayahnya terdiri dari padang rumput, padang pasir, dan pegunungan. Kazakhstan mengalami suhu ekstrim baik di musim panas maupun di musim dingin. Daerah satu ini terletak di bagian tengah benua Eurasia. Tentunya dengan posisi yang jauh dari pengaruh lautan. Hal ini membuat iklim Kazakhstan bersifat kontinental ekstrem. Hal ini yang berarti negara ini mengalami perbedaan suhu yang besar antara musim panas dan ketika winter. Musim panas di Kazakhstan bisa sangat panas, dengan suhu mencapai 40°C di beberapa wilayah, terutama di bagian selatan. Dan juga dengan winter di sisi lain, bisa sangat keras dengan suhu yang turun drastis.

Negara Terdingin Lainnya Yang Terdapat Di Dunia

Tidak hanya itu saja yang bisa anda ketahui tentang hal ini. Maka simaklah terus Negara Terdingin Lainnya Yang Terdapat Di Dunia. Dan wilayah lainnya adalah:

Finlandia

Ia adalah salah satu negara terdingin di dunia yang terletak di Eropa Utara, berbatasan dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia. Negara ini terkenal dengan suhu dinginnya yang ekstrem. Tentunya terutama di musim dingin. Finlandia berada di wilayah Eropa Utara, dan sebagian besar wilayahnya terletak di zona iklim subarktik dan boreal. Ini berarti negara tersebut mengalami musim dingin yang panjang dan sangat dingin. Serta musim panas yang relatif singkat namun sering hangat di beberapa wilayah. Garis lintang tinggi Finlandia mempengaruhi pola iklimnya. Bagian utara Finlandia. Terutama di atas Lingkaran Arktik, mengalami fenomena unik seperti Matahari Tengah Malam pada musim panas dan Malam Kutub (Polar Night) pada musim dingin. Ketika matahari tidak terbit selama beberapa minggu.

Musim dingin di Finlandia berlangsung sekitar 4 hingga 6 bulan, tergantung pada wilayahnya. Di bagian utara, salju bisa turun mulai dari Oktober hingga April. Suhu di Finlandia bervariasi secara regional, tetapi di musim dingin, suhu rata-rata di bagian utara negara ini bisa turun hingga -20°C hingga -30°C. Sementara di bagian selatan, suhu berkisar antara -5°C hingga -20°C. Di beberapa kesempatan, suhu ekstrem dapat turun lebih rendah dari itu. Wilayah utara, seperti di Lapland (atau Laponia), mengalami musim dingin yang sangat keras. Terlebih juga dengan suhu terendah yang pernah tercatat di Finlandia mencapai -51,5°C di desa Kittilä pada tahun 1999. Ini menjadikan Finlandia sebagai salah satu negara terdingin di Eropa dan dunia. Lapland adalah wilayah paling utara Finlandia yang terkenal karena keindahan alamnya. Dan juga yang termasuk aurora borealis (cahaya utara) yang sering terlihat di langit malam selama musim dingin. Jadi cocok untuk liburan anda.

Wilayah Yang Punya Suhu Terdingin Hingga Saat Ini

Selanjutnya juga masih ada Wilayah Yang Punya Suhu Terdingin Hingga Saat Ini. Dan negara lainnya yang masuk dalam kategori ini adalah:

Swedia

Wilayah ini adalah salah satu negara terdingin di dunia yang terletak di Eropa Utara. Ia yang berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur, serta memiliki pantai di sepanjang Laut Baltik dan Laut Utara. Dengan iklim yang bervariasi dari selatan ke utara, Swedia mengalami musim dingin yang sangat dingin. Terutama di wilayah utara. Swedia terletak di Skandinavia, dan iklimnya bervariasi dari iklim maritim di selatan hingga iklim subarktik dan boreal di utara. Negara ini di bagi menjadi tiga wilayah iklim utama: Swedia Selatan, Swedia Tengah, dan Swedia Utara. Setiap wilayah memiliki karakteristik iklim yang berbeda. Akan tetapi semuanya mengalami musim dingin yang panjang dan dingin. Musim dingin di Swedia berlangsung dari November hingga Maret. Terlebih juga dengan bulan-bulan terdingin biasanya adalah Januari dan Februari. Di wilayah utara, suhu bisa turun hingga -30°C atau lebih rendah.

Sementara di bagian selatan, suhu umumnya lebih ringan, berkisar antara -5°C hingga -15°C. Kota-kota besar seperti Stockholm dan Göteborg mengalami suhu yang lebih hangat. Jika di bandingkan dengan wilayah utara. Akan tetapi masih sering mendapatkan salju dan suhu dingin selama musim dingin. Lapland di Swedia adalah daerah paling utara yang terkenal dengan kondisi iklim yang sangat dingin. Di sini, anda dapat menemukan fenomena Malam Kutub selama bulan-bulan musim dingin. Hal ini di mana matahari tidak terbit sama sekali selama beberapa minggu. Selama musim dingin, suhu di Lapland bisa mencapai -40°C. Wilayah ini juga terkenal karena aurora borealis yang dapat di lihat pada malam hari. Negara ini terutama bagian utara, sangat di pengaruhi oleh arus udara dingin dari Siberia. Angin dingin dan salju seringkali datang.

Wilayah Lain Yang Punya Suhu Terdingin Hingga Saat Ini

Selanjutnya juga masih ada Wilayah Lain Yang Punya Suhu Terdingin Hingga Saat Ini. Dan negara lain yang punya suhu dingin adalah:

Tajikistan

Negara ini meskipun tidak selalu dianggap sebagai negara terdingin di dunia. Namun mereka memiliki wilayah dengan iklim yang sangat dingin. Terutama di daerah pegunungan yang tinggi. Terletak di Asia Tengah, negara ini di kelilingi oleh pegunungan dan memiliki topografi yang bervariasi. Hal ini yang berdampak pada suhu dan cuaca. Tajikistan adalah negara yang terkurung daratan di Asia Tengah, berbatasan dengan Uzbekistan di utara. Tepatnya di Afghanistan di selatan, Kirgizstan di timur, dan China di timur jauh. Negara ini sebagian besar terdiri dari pegunungan Pamir, yang di kenal sebagai Atap Dunia. Pegunungan ini berisi banyak puncak yang sangat tinggi. Serta dengan beberapa di antaranya mengalami suhu yang ekstrem. Ia juga memiliki iklim yang beragam, yang tergantung pada ketinggian. Secara umum, negara ini mengalami iklim kontinental.

Tentunya dengan musim panas yang panas dan musim dingin yang dingin. Di daerah dataran rendah, suhu di musim panas bisa mencapai 40°C. Sementara di musim dingin, suhu bisa turun hingga -10°C hingga -20°C. Terutama di pegunungan Pamir, suhu bisa turun lebih rendah, dengan suhu ekstrem yang mencapai -30°C atau lebih. Selama musim dingin, terutama di bulan Desember hingga Februari, salju menutupi banyak daerah pegunungan. Dan juga terdapat angin dingin dari utara dapat membuat suhu terasa lebih dingin. Puncak tertinggi di Tajikistan, seperti Ismoil Somoni Peak (dulu di kenal sebagai Puncak Komunis). Mereka yang juga memiliki suhu yang ekstrim. Ketinggian dan cuaca yang keras menjadikan wilayah ini sebagai tantangan besar bagi para pendaki dan petualang.

Jadi itu dia beberapa wilayah yang ada di dunia terkait Negara Terdingin.