BeritaTV24

Berita Hits & Viral TV Hari Ini

Food

Comfort Food Indonesia Yang Selalu Banyak Peminatnya

Comfort Food Indonesia Yang Selalu Banyak Peminatnya
Comfort Food Indonesia Yang Selalu Banyak Peminatnya

Comfort Food Indonesia Berikut Ini Sangat Populer Di Tengah Masyarakat Indonesia Dan Selalu Banyak Peminatnya Di Penjuru Nusantara. Makanan yang di sebut dengan comfort food bisa di artikan sebagai makanan yang mendatangkan perasaan rileks, tenang, serta menjadi penghibur. Walaupun terdapat berbagai jenis makanan yang lezat, comfort food seringkali menjadi pilihan utama ketika seseorang mencari hal yang dapat menghibur. Sebuah artikel yang di rilis pada tahun 2017 di International Journal of Gastronomy and Food Science mencoba menjelaskan bagaimana konsep comfort food ini. Para penulis di dalam artikel tersebut menginformasikan bahwa comfort food merupakan hidangan yang mendatangkan kebahagiaan dan kenyamanan. Kenyamanan ini akan di peroleh melalui stimulasi indra penciuman, peraba, dan perasa.

Biasanya, comfort food mempunyai rasa yang lebih asin atau manis, daripada rasa yang pahit dan asam. Artikel tersebut juga menjelaskan bahwa comfort food sering kali di kaitkan dengan masakan rumahan ataupun masa kanak-kanak. Makanan jenis ini biasanya di siapkan dengan cara yang simple atau dengan cara yang tradisional.

Shira Gabriel, seorang profesor psikologi di University of Buffalo juga menjelaskan bahwa comfort food sering di cari ketika seseorang merasa di tolak atau kesepian. Menurut Gabriel, comfort food ternyata juga berkhasiat untuk membantu mengatasi berbagai perasaan yang negatif. Hal ini mungkin terjadi karena makanan tersebut akan mengingatkan seseorang pada anggota keluarga atau orang-orang terdekat mereka. Oleh karena itu, banyak comfort food yang berupa makanan tradisional atau makanan yang umumnya tersedia di acara perayaan keluarga maupun pesta.

Singkatnya, comfort food merupakan makanan yang mendatangkan kenyamanan fisik dan emosional melalui kenangan hubungan dekat, masa kecil maupun stimulasi indra. Comfort food akan membantu kita dalam mengatasi perasaan kesepian dan sering kali di hubungkan dengan kenangan akan orang-orang yang kita sayangi.

Comfort Food Orang Indonesia Berupa Nasi Dan Bubur

Berikut ini merupakan beberapa Comfort Food Orang Indonesia Berupa Nasi Dan Bubur yang khas.

1. Nasi Goreng

Walaupun santapan Indonesia populer dengan penggunaan rempah yang beragam, Nasi Goreng tetap menjadi salah satu santapan yang di gemari. Uniknya, nasi goreng tidak membutuhkan banyak rempah atau bumbu untuk proses memasaknya. Kesederhanaan inilah yang kemungkinan menjadi alasan banyaknya individu menyukai nasi goreng. Salah satu faktor yang membuat nasi goreng sangat di sukai adalah fleksibilitasnya. Kita dapat memasukkan berbagai macam bahan sebagai topping sesuai selera, misalnya seperti sayuran, telur , sosis, udang dan ayam. Di Indonesia, nasi goreng di minati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kepopuleran nasi goreng tidak hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga karena cara penyajiannya yang juga praktis. Nasi goreng sering di jual di berbagai tempat, mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran yang mewah.

2. Bubur Ayam

Bubur Ayam mempunyai tempat istimewa di hati penduduk Indonesia. Berbeda dengan bubur di Korea Selatan atau negara lainnya di mana bubur lebih sering di konsumsi saat sedang sakit, di Indonesia, bubur ayam merupakan pilihan yang populer untuk sarapan pagi. Beberapa orang juga akan menyantap hidangan ini di sore hari sebagai camilan pengganjal perut sebelum waktu makan malam tiba. Akan tetapi hal ini tidak berarti bahwa bubur ayam tidak cocok di santap saat sedang tidak enak badan. Sebaliknya, bubur ayam sangat fleksibel dan bisa kita nikmati kapan saja.

Keunikan bubur ayam juga terletak di kombinasi teksturnya yang lembut dan halus dengan kuah kuning yang kaya akan rempah dan gurih. Tambahan berbagai topping seperti irisan seledri, kerupuk, ayam suwir, dan kacang kedelai menjadikan hidangan ini semakin menggoda selera.

Olahan Daging Yang Kaya Rempah

Berikut merupakan comfort food berupa Olahan Daging Yang Kaya Rempah khas Indonesia.

1. Bakso

Bakso merupakan salah satu comfort food favorit masyarakat Indonesia yang sangat banyak peminatnya. Walaupun dalam bahasa Inggris di sebut meatball, bakso tidak hanya di buat dari daging, tetapi juga di buat dengan tepung tapioka yang membuat rasanya gurih dengan tekstur yang kenyal. Perpaduan inilah yang menjadikan bakso sangat lezat dan semakin menggugah selera. Di hidangkan dengan kuah kaldu panas, bakso nikmat di santap kapan saja, baik ketika cuaca dingin maupun panas. Bakso pada umumnya akan di jajakan di gerobak atau warung pinggir jalan, dan dahulu sering di jajakan oleh penjual keliling.

2. Soto

Soto merupakan salah satu makanan favorit khas Indonesia yang juga menjadi comfort food bagi banyak orang. Santapan ini tidak hanya terdiri dari 1 jenis, tetapi hadir dalam berbagai varian. Misalnya seperti soto mie, soto daging, soto ayam, dan banyak lagi. Keunikan soto di Indonesia juga terletak pada isian dan cita rasa yang berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Soto juga dapat di santap kapan saja, baik sebagai menu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Biasanya, soto akan di hidangkan bersama nasi serta di tambahkan dengan emping atau kerupuk untuk semakin menambah kenikmatannya.

3. Rendang

Rendang merupakan hidangan dengan olahan daging khas Indonesia yang di olah dengan perpaduan berbagai rempah dan santan sampai menghasilkan kuah yang kental dan tekstur yang empuk. Cita rasa rendang yang gurih, kaya akan rempah dan pedas menjadikannya sebagai salah satu santapan favorit di Nusantara. Proses memasak rendang yang panjang dan menggunakan berbagai bumbu menghasilkan aroma yang khas dan lezat. Oleh karena itu, rendang sering kita temui di berbagai acara spesial maupun sebagai hidangan utama dalam perayaan bersama keluarga. Popularitas rendang tidak hanya terbatas pada Indonesia, tetapi juga terkenal hingga ke mancanegara sebagai salah satu makanan ternikmat di dunia.

Camilan Manis Yang Sangat Lezat

Berikut merupakan beberapa Camilan Manis Yang Sangat Lezat dan jadi favorit masyarakat di penjuru Indonesia.

1. Pisang Goreng

Pisang Goreng merupakan salah satu comfort food yang sangat terkenal di Indonesia. Cara mengolahnya yakni pisang di lapisi dengan adonan tepung lalu di goreng sampai crispy di bagian luar dan lembut di bagian dalam ini sering di jadikan camilan di berbagai kesempatan. Selain rasanya yang lezat, pisang goreng juga mudah kita temukan dan harganya sangat terjangkau.

Di Indonesia, pisang goreng sering di sajikan tidak hanya sebagai camilan di rumah, tetapi juga di berbagai acara dan tempat. Kita dapat menemui pisang goreng di warung, pasar tradisional, maupun kafe. Tahapan pemasakannya yang sederhana, yakni hanya dengan memasukkan potongan pisang ke dalam adonan tepung lalu menggorengnya hingga kecokelatan, menjadikan pisang goreng mudah di buat oleh siapa saja.

Martabak Manis

Martabak Manis, atau yang sering di sebut dengan Terang Bulan, merupakan salah satu comfort food yang sangat di sukai di Indonesia. Kudapan ini terkenal karena memiliki tekstur yang empuk dan cita rasanya yang manis serta sedikit gurih. Martabak manis sangat cocok di jadikan sebagai camilan saat berkumpul bersama keluarga maupun teman-teman untuk menambah keseruan.

Di Indonesia, terdapat 2 jenis martabak manis yang sanga terkenal, yaitu martabak manis Bandung dan martabak manis Bangka. Perbedaan utama antara kedua jenis martabak ini berada pada rasio telur, air dan tepung yang di pakai di dalam adonan. Martabak manis dan Bangka dan Bandung menawarkan pengalaman rasa yang berbeda walaupun keduanya sama-sama memiliki rasa yang nikmat. Martabak manis terkenal karena rasanya yang menggugah selera, terutama ketika di tambah dengan berbagai topping seperti susu kental manis, kacang, keju dan cokelat.

Itu dia beberapa Comfort Food Indonesia yang memiliki banyak peminat di seluruh wilayah Indonesia. Kita dapat merasakan makanan yang menyenangkan dan membuat kita nyaman saat merasa kesepian dengan menyantap Comfort Food Indonesia.