BeritaTV24

Hidangan Khas China Yang Halal Dengan Cita Rasa Yang Khas

Hidangan Khas China Yang Halal Dengan Cita Rasa Yang Khas
Hidangan Khas China Yang Halal Dengan Cita Rasa Yang Khas

Hidangan Khas China Yang Halal Berikut Ini Tetap Memiliki Cita Rasa Yang Lezat Dan Authentic Saat Di Nikmati. Bangsa Tionghoa telah lama terkenal sebagai bangsa yang aktif berdagang dan merantau ke banyak daerah penjuru dunia. Dengan sejarah panjangnya sebagai pedagang dan perantau, tidak heran jika hampir di setiap negara kita bisa menemui restoran yang menyediakan hidangan khas Tiongkok. Kenikmatan masakan Tiongkok tidak hanya terkenal secara lokal, tetapi juga telah di akui secara global. Berbagai hidangan tersebut tidak hanya di rasakan oleh komunitas Tionghoa di luar negeri, tetapi juga oleh masyarakat asli di berbagai negara. Pengaruh hidangan Tiongkok pun telah menyebar jauh yang mana memengaruhi perkembangan budaya kuliner di banyak negara dunia.

Pengaruh dari masakan Tiongkok sangat terasa di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hidangan Tiongkok terkenal di karenakan cita rasanya yang asli dan lezat serta menggunakan bumbu dan bahan yang sering di yakini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Faktor-faktor inilah yang membuat hidangan Tiongkok banyak di gemari dan di terapkan dalam menu sehari-hari bagi banyak orang di daerah ini. Masakan Tiongkok tidak hanya menarik karena rasanya, tetapi juga karena reputasinya yang di kenal baik bagi kesehatan. Inilah yang semakin menjadikannya populer di kalangan masyarakat yang semakin menyadari betapa pentingnya pola makan yang sehat dan seimbang.

Di Indonesia, banyak santapan khas Tiongkok yang sudah di adaptasi untuk menyesuaikan rasanya dengan selera lokal. Beberapa contoh masakan yang populer di antaranya yakni bakmi dan siomay. Kedua hidangan ini telah sangat melekat dalam budaya kuliner Indonesia dan menjadi comfort food Indonesia. Akan tetapi, penyesuaian terhadap selera lokal ini tidak hanya terbatas pada 2 santapan tersebut. Berbagai hidangan Tiongkok lainnya juga mengalami modifikasi agar lebih sesuai dengan preferensi rasa dan selera masyarakat Indonesia.

Hidangan Khas China Yang Halal Dengan Olahan Ayam Dan Bebek

Berikut ini merupakan Beberapa Hidangan Khas China Yang Halal Dengan Olahan Ayam Dan Bebek.

1. Ayam Kungpao

Ayam Kungpao merupakan salah satu hidangan khas Tiongkok yang bisa kita nikmati sebagai pilihan hidangan yang halal. Hidangan ini akan menyuguhkan perpaduan cita rasa gurih, manis dan pedas yang sangat cocok dengan selera lokal Indonesia. Bahan utama dari ayam kungpao adalah daging ayam yang di potong dadu, daun bawang, kacang, dan irisan cabai yang di olah dengan saus khusus. Masakan ini berasal dari wilayah Sichuan, yang terkenal dengan penggunaan lada Sichuan yang memiliki rasa pedas yang authentic.

Akan tetapi, rasa pedas dari lada Sichuan ini di anggap terlalu kuat oleh sebagian orang. Maka dari itu, di luar daerah asalnya, ayam kungpao umumnya di hidangkan dengan tingkat kepedasan yang lebih rendah. Di Indonesia, hidangan ini juga mengalami sejumlah penyesuaian. Hal ini di karenakan lada Sichuan yang merupakan bahan yang tidak umum di temui.

2. Bebek Peking

Bebek Peking merupakan salah satu santapan khas Tiongkok yang terbuat dari bahan dasar bebek panggang, dan bisa kita nikmati sebagai santapan halal. Olahan bebek ini akan di berikan bumbu rempah-rempah dan kecap. Inilah yang akan memberikan rasa yang lezat dan khas pada hidangan. Masakan ini berasal dari Beijing, dan di masa lalu, bebek Peking adalah hidangan istimewa yang hanya di peruntukkan bagi kaisar. Ketenarannya yang mendunia membuat bebek Peking menjadi salah satu hidangan yang paling populer dari kuliner Tiongkok.

Kemudian di banyak restoran mewah, bebek Peking umumnya di hidangkan secara utuh dan dagingnya di potong di hadapan pengunjung untuk menambah kesan eksklusif. Kulit daging bebek yang di panggang sampai garing menjadi daya tarik utama santapan ini, terutama ketika di santap bersama saus manis.

Nasi Dan Mie Yang Mengenyangkan

Selanjutnya merupakan beberapa masakan Nasi Dan Mie Yang Mengenyangkan dengan rasa lezatnya.

1. Nasi Hainan

Nasi Hainan, yang di kenal di Indonesia sebagai Nasi Hainam adalah salah satu masakan khas Tiongkok yang bisa kita nikmati sebagai hidangan halal. Santapan ini di ketahui berasal dari provinsi Hainan di Tiongkok dan di kenalkan oleh para imigran ke wilayah Asia Tenggara. Proses pembuatannya di awali dengan merebus ayam utuh di suhu tertentu. Hal ini bertujuan agar ayam matang dengan sempurna dan menghasilkan kaldu yang kaya akan rasa. Setelah proses perebusan, ayam tersebut kemudian akan di celupkan ke dalam air dingin untuk menghasilkan kulit yang lebih kenyal mirip dengan jelly. Ayam tersebut lalu di gantung sampai kering, dan kaldu ayam yang di hasilkan tersebut akan di pakai untuk memasak nasi. Nasi ini kemudian akan di olah bersama dengan bahan-bahan seperti daun pandan, bawang putih dan jahe yang cita rasa yang khas dan aroma yang sangat harum.

2. Lamian

Lamian merupakan sejenis mi khas Tiongkok yang di olah dengan proses unik yang melibatkan penarikan, penggulungan, dan adonan yang di lipat. Ketebalan dan panjang mi lamian juga dapat bervariasi, tergantung pada berapa kali adonannya di tarik dan di gulung. Teknik khusus ini telah di kenal sejak tahun 1504, di mana proses pembuatan lamian pertama kali di dokumentasikan oleh Song Xu dalam kitab Songshi Yangsheng Bu.

Kemudian Lamian biasanya di hidangkan dalam bentuk sup dengan tambahan daging sapi. Inilah yang menjadikannya sebagai santapan yang mengenyangkan dan kaya rasa. Selain itu, lamian juga sering di olah dalam bentuk tumisan sehingga memberikan cita rasa yang authentic dan tetap lezat.

Camilan Gurih Dan Manis

Berikutnya merupakan beberapa Camilan Gurih Dan Manis yang halal khas China.

1. Siomai

Siomai, atau terkenal sebagai shumai merupakan salah satu makanan khas Tiongkok yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Santapan ini mirip dengan pangsit dan adalah bagian dari dim sum sebagai tradisi kuliner Tiongkok. Siomai biasanya meiliki isian daging atau udang dan bertekstur empuk serta lembut dengan rasa gurih yang di gemari banyak orang, termasuk anak-anak. Di Tiongkok, setiap daerah mempunyai jenis siomai yang berbeda, tetapi biasanya isian yang di pakai sama. Isian ini meliputi jahe, daun bawang, jamur, udang dan campuran daging. Penduduk Tiongkok sudah lama memanfaatkan makanan, termasuk siomai, sebagai bagian dari pengobatan tradisional untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan.

2. Bakpao

Kata Bakpao yang kita kenal sekarang berasal dari bahasa Hokkian. Kata “bak” memiliki artian daging dan “pao” bermakna bungkusan. Di Indonesia, yang mayoritas masyarakatnya adalah Muslim, bakpao yang awalnya memiliki isian daging babi telah di adaptasi dengan bermacam isian seperti srikaya, kacang merah, kacang hitam, coklat, daging ayam, dan lain-lain. Bakpao, sebagai salah satu hidangan khas Tiongkok yang halal bisa kita temui mulai dari restoran dim sum sampai pedagang keliling. Karena harganya yang terjangkau, Bakpao menjadi pilihan yang pas sebagai pengganjal perut saat lapar. Bakpao juga menyebar secara luas di seluruh Asia, khususnya di kawasan Asia Tenggara karena adanya migrasi orang-orang Tiongkok.

Itu dia beberapa Hidangan Khas China halal yang sangat menggoda selera. Rasakan cita rasa yang khas dan tetap halal dan aman bagi umat Muslim dengan menyantap Hidangan Khas China.

Exit mobile version