BeritaTV24

Berita Hits & Viral TV Hari Ini

Food

Hidangan Khas Medan Dengan Cita Rasa Khas Yang Lezat

Hidangan Khas Medan Dengan Cita Rasa Khas Yang Lezat
Hidangan Khas Medan Dengan Cita Rasa Khas Yang Lezat

Hidangan Khas Medan Berikut Ini Sangat Populer Di Kalangan Pecinta Kuliner Dengan Cita Rasanya Yang Kaya Dan Khas. Berlajan-jalan ke Kota Medan akan terasa kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner khas kota ini. Selain berwisata ke berbagai tempat yang menarik untuk di kunjungi, kita dan keluarga juga bisa menikmati beragam jenis kuliner yang terdapat di Medan, kota yang sering di sebut sebagai Melayu Deli. Keragaman suku bangsa di Medan menciptakan bergam santapan yang unik. Akan tetapi perlu kita ingat bahwa tidak semua hidangan khas Medan halal dan cocok untuk di santap oleh semua orang.

Maka dari itu, ketika kita berwisata kuliner di Medan, kita perlu bijak dan berhati-hati dalam memilih makanan. Pasalnya terdapat kemungkinan bahwa restoran yang kita kunjungi menyajikan makanan non-halal yang memiliki bahan dasar daging anjing atau babi. Walaupun demikian, masih banyak santapan khas Medan yang halal dan layak untuk di cicipi.

Beberapa makanan khas Medan yang bisa kita cicipi seperti Bika Ambon, yakni jenis kue bertekstur lembut dan rasa yang manis. Kemudian, terdapat juga Soto Medan yang di kenal dengan kuah santannya yang kaya rempah dan gurih. Tak ketinggalan, Durian Ucok merupakan pilihan lain bagi penggemar durian, yang menawarkan durian segar dengan rasa yang nikmat. Selain itu terdapat juga Nasi Padang yang bisa kita temukan di banyak tempat di Medan yang akan menawarkan beragam jenis lauk pauk dengan rasa yang nikmat.

Untuk membantu kita dan keluarga dalam memilih kuliner yang tepat, berikut merupakan sejumlah referensi santapan khas Medan yang wajib kita coba ketika berwisata ke ibu kota Sumatera Utara ini. Berbagai santapan ini tidak hanya lezat, tetapi juga menggambarkan keanekaragaman budaya serta cita rasa yang terdapat di Medan. Dengan mencoba berbagai hidangan khas tersebut, kunjungan ke Medan akan menjadi lebih memuaskan dan berkesan.

Hidangan Khas Medan Yang Paling Populer

Berikut merupakan beberapa Hidangan Khas Medan Yang Paling Populer dengan cita rasa yang menggoda.

1. Lontong Medan

Saat berwisata ke Medan, kita harus mencoba salah satu hidangan populer yakni Lontong Medan. Sekilas, santapan khas Medan ini memang terlihat mirip dengan lontong sayur biasanya. Akan tetapi, yang menjadi pemebdanya adalah cita rasanya yang sangat khas. Lontong Medan mempunyai keunikan tersendiri di karenakan bumbu tauco-nya yang harum dan gurih sehingga memberikan pengalaman kuliner yang berbeda jika di bandingkan dengan lontong sayur lainnya. Cita rasa yang di tawarkan oleh lontong Medan ini pastinya akan memikat selera kita sehingga menjadikannya sebagai hidangan yang wajib di coba ketika berwisata kuliner di kota Medan.

2. Soto Medan

Soto merupakan salah satu makanan khas Nusantara yang dapat kita temui di berbagai wlayah, termasuk di Medan. Kemudian Soto Medan mempunyai keunikan tersendiri dengan kuah santan kuning yang gurih dan lezat. Untuk kita yang mau mencoba santapan dari Medan sebenarnya kita tidak perlu repot-repot datang ke Medan. Pasalnya, soto Medan sekarang sudah banyak tersedia di banyak kota di Indonesia. Inilah yang akan membuat kita dapat menyantapnya tanpa harus jauh bepergian. Dengan cita rasanya yang khas, soto Medan menjadi salah satu santapan yang harus kita coba untuk para pecinta makanan tradisional.

3. Bubur Pedas

Selanjutnya, salah satu makanan khas Medan yang harus di coba merupakan Bubur Pedas. Sesuai namanya, bubur ini mempunyai cita rasa pedas yang spesial. Santapan ini sering di jual saat bulan Ramadan, terutama di wilayah yang banyak di huni oleh komunitas Medan-Melayu. Bubur pedas di buat dari berbagai jenis umbi-umbian, rempah dan beras. Umbi-umbian yang di pakai seperti ubi, wortel, kentang, dan kacang. Selain itu, santapan ini juga di lengkapi dengan makanan laut atau daging cincang sebagai pelengkapnya.

Aneka Mie Lezat

Selanjutnya merupakan sejumlah Aneka Mie Lezat dengan cita rasa yang kaya dari Medan.

1. Bihun Bebek

Bihun Bebek merupakan satu dari banyaknya santapan khas Medan yang sangat di sarankan untuk kita cicipi. Akan tetapi, sebelum mencoba makanan ini, sangat penting untuk terlebih dahulu memastikan tempat makannya. Pasalnya beberapa rumah makan mungkin akan menyediakan bihun bebek Medan dengan bahan non-halal. Umumnya santapan bihun bebek terdiri dari kuah spesial dengan rasa yang kaya, bihun yang lembut, serta suwiran daging bebek yang sangat empuk. Kemudian santapan ini juga di lengkapi dengan sayuran segar sebagai pelengkapnya. Perpaduan dari bahan-bahan tersebutlah yang menciptakan cita rasa yang menggugah selera dan unik sehingga menjadikannya sebagai salah satu kuliner yang wajib di cicipi saat mengunjungi Medan.

2. Mie Gomak

Salah satu mie khas Medan yang wajib kita cicipi yaitu Mie Gomak. Santapan ini adalah masakan tradisional dari daerah Batak Toba, termasuk wilayah Tapanuli dan Sibolga. Nama “gomak” di ambil dari cara penyajiannya yang masih tradisional, di mana mie ini di genggam atau di gomak-gomak dengan memakai tangan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, cara menghidangkan mie gomak sudah berubah dan tidak lagi memakai tangan secara langsung. Kemudian, mie gomak mempunyai bentuk panjang layaknya lidi. Oleh karena itu mie gomak juga sering di sebut sebagai spaghetti Batak. Kombinasi antara keunikan cara menyajikannya dan bentuknya yang menyerupai spaghetti menjadikan mie gomak sebagai satu dari banyaknya kuliner yang menarik untuk di cicipi saat berwisata ke Medan. Dengan mencicipi mie gomak, kita dapat merasakan cita rasa khas Medan yang asli dan menikmati pengalaman kuliner yang seru.

Camilan Manis Dengan Cita Rasa Khas

Berikut merupakan beberapa jenis Camilan Manis Dengan Cita Rasa Khas Medan yang wajib di cicipi.

1. Bika Ambon

Kita mungkin telah familiar dengan salah satu hidangan khas Medan yang satu ini, yaitu Bika Ambon. Kue dengan warna kuning ini menjadi oleh-oleh yang wajib kita bawa pulang ketika berwisata ke Medan. Bika Ambon di buat dari bahan-bahan seperti santan, gula dan telur telur. Awalnya, bika Ambon hanya tersedia dalam rasa pandan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kue ini sekarang di jual dalam berbagai jenis rasa. Misalnya seperti rasa cokelat, keju serta durian. Pilihan rasa yang bervariasi menjdikan bika Ambon semakin menarik dan cocok untuk di santap oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu jangan lupa untuk mencobanya dan membawanya sebagai oleh-oleh khas Medan.

2. Pancake Durian

Salah satu makanan khas Medan yang sangat populer yakni Pancake Durian. Santapan ini sering di jadikan sebagai oleh-oleh wajib saat pulang dari Kota Medan. Walaupun pancake durian kini telah banyak di jual di berbagai tempat, banyak orang menganggap bahwa pancake durian yang di bawa langsung dari Medan mempunyai cita rasa yang lebih lezat dan berbeda dari yang lainnya. Pancake durian dari Medan juga mempunyai keunikan tersendiri yang membuatnya lebih spesial dan di gemari oleh banyak orang. Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba pancake durian khas Medan dan membawanya sebagai oleh-oleh dari Medan.

Itu dia beberapa Hidangan Khas Medan yang wajib kita coba saat berwisata ke Medan. Berwisata di Medan akan terasa lebih nikmat dan berkesan dengan mencicipi Hidangan Khas Medan.