BeritaTV24

Berita Hits & Viral TV Hari Ini

Health

Manfaat Fluoride Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Gigi

Manfaat Fluoride Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Gigi
Manfaat Fluoride Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Gigi

Manfaat Fluoride Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Gigi Harus Kita Ketahui Agar Semakin Paham Dengan Pemakaiannya. Fluoride adalah mineral yang di kenal memiliki manfaat besar dalam melindungi gigi dari karies, terutama melalui kandungannya yang terdapat dalam pasta gigi. Kandungan fluoride dalam pasta gigi di nilai cukup efektif dalam mencegah kerusakan gigi, yang membuatnya sangat populer dan umum di gunakan. Namun, walaupun memiliki banyak manfaat, penggunaan fluoride juga dapat menimbulkan resiko atau efek samping tertentu yang perlu di waspadai.

Sebenarnya flouride secara alami terdapat dalam tubuh kita, khususnya dalam gigi dan tulang. Selain itu, mineral ini juga bisa di temukan di lingkungan sekitar, seperti dalam tanah dan air, bebatuan, tanaman, dan udara. Namun, kebanyakan orang mengenal fluoride melalui produk-produk perawatan gigi seperti obat kumur dan pasta gigi. Fluoride, yang juga di kenal sebagai fluorida, sering di gunakan karena kemampuannya untuk menjaga kesehatan sekaligus menguatkan tulang dan gigi.

Di lansir dari National Cancer Institute, ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat dari fluoride. Salah satu yang paling umum adalah dengan mengoleskan pasta gigi yang mengandung fluoride atau memakai obat kumur yang mengandung fluoride. Kedua metode ini di ketahui dapat membantu memperkuat enamel gigi dan mencegah terjadinya kerusakan pada gigi.

Walaupun demikian, tidak semua orang dapat menggunakan produk berbasis fluoride setiap hari. Penggunaan fluoride perlu di perhatikan khususnya bagi kelompok tertentu seperti pada ibu hamil, ibu menyusui, dan pengidap penyakit tertentu. Bagi kelompok-kelompok ini, risiko penggunaan fluoride mungkin lebih besar sehingga memerlukan konsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menggunakannya sehari-hari.

Dengan demikian, penting bagi kita untuk memahami baik manfaat maupun efek samping dari penggunaan fluoride. Ini akan membantu kita dalam membuat keputusan yang tepat mengenai perawatan gigi sehari-hari serta memastikan bahwa kita mendapatkan manfaat optimal dari fluoride.

Manfaat Fluoride Bagi Kesehatan Gigi

Berikut merupakan beberapa Manfaat Fluoride Bagi Kesehatan Gigi.

1. Mencegah Keparahan Gigi Berlubang

Manfaat fluoride untuk kesehatan gigi adalah untuk membantu menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan dengan Mencegah Keparahan Gigi Berlubang. Sebelum lubang gigi semakin parah, sangat penting untuk mengenali gejala awal karies gigi. Menurut Johns Hopkins Medicine, beberapa gejala awal karies gigi meliputi rasa sakit pada gigi, timbulnya bercak white spot atau bercak putih pada gigi, dan gangguan pola makan. White spot ini terjadi karena proses hilangnya kadar mineral dan garam di jaringan keras gigi yang di sebabkan oleh sisa makanan yang menumpuk dan adanya plak. Apabila tidak di obati, bercak putih ini dapat menjadi bercak kecokelatan yang kemudian akan membuat gigi berlubang.

2. Menjaga Kekuatan Gigi

Khasiat lainnya dari fluoride adalah Menjaga Kekuatan Gigi dan tulang. Menurut American Dental Association, ketika fluoride masuk ke dalam email gigi, ia akan bekerja bersama dengan fosfat dan kalsium. Kombinasi senyawa-senyawa inilah yang kemudian akan membentuk sistem pertahanan yang sangat kuat untuk menangkal lubang pada gigi. Namun, efektivitas fluoride ini juga harus di dukung dengan gaya hidup yang sehat dan meminimalisir makanan dengan kadar gula yang tinggi. Berdasarkan laporan dari Action On Sugar, saat mengonsumsi gula, gula tersebut akan berinteraksi dengan bakteri dalam plak gigi dan memproduksi asam. Asam ini akan menjadi salah satu penyebab utama gigi berlubang.

3. Melindungi Gigi Dari Berlubang

Manfaat utama fluoride agar gigi menjadi sehat adalah dapat Melindungi Gigi Dari Berlubang. Umumnya, anak-anak sangat rentan mengalami karies atau gigi berlubang, terutama jika perhatian terhadap kebersihan gigi dan mulut kurang di jaga. Oleh karena itu dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, gigi anak-anak dapat terlindung dari karies. Sangat penting bagi para ibu untuk membiasakan anak-anak menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Cara Kerja

Selanjutnya merupakan beberapa Cara Kerja Fluoride pada gigi kita.

1. Penghambatan Bakteri

Fluoride atau flourida berfungsi untuk melakukan Penghambatan Bakteri yang beraktivitas pada plak gigi. Bakteri dalam plak gigi akan menghasilkan asam setelah memproses gula, dan asam inilah yang dapat merusak enamel gigi. Dengan mengurangi aktivitas bakteri, fluorida juga membantu mengurangi produksi asam ini. Sebagai hasilnya, enamel gigi menjadi lebih terlindungi dari erosi yang di sebabkan oleh asam tersebut. Melalui mekanisme ini, fluorida dapat mencegah kerusakan lebih lanjut yang di sebabkan oleh asam yang di hasilkan oleh bakteri plak.

2. Penyerapan Oleh Enamel Gigi

Penyerapan Oleh Enamel Gigi terjadi ketika fluorida terlibat dalam proses remineralisasi. Remineralisasi adalah proses di mana mineral kembali ke enamel gigi setelah sebelumnya di hilangkan dari asam. Tahapan ini sangat penting sebab enamel yang lemah lebih rentan kepada kerusakan yang lebih lanjut. Dengan fluorida yang di serap selama remineralisasi, enamel gigi akan semakin kuat dan semakin tahan dengan serangan asam. Hal inilah yang akan membantu mencegah kerusakan gigi dan memperbaiki area enamel yang sudah mulai rusak.

3. Memperbaiki Mikrostruktur Enamel Gigi

Fluorida memiliki peran penting dalam Memperbaiki Mikrostruktur Enamel Gigi yang rusak. Kerusakan mikro ini di sebabkan oleh paparan asam yang terjadi secara berulang. Dengan bantuan fluorida, celah-celah kecil pada enamel gigi dapat terisi sehingga semakin menguatkan fondasi enamel dengan menyeluruh. Proses inilah yang kemudian akan membuat enamel gigi kedepannya lebih kuat dan lebih tahan terhadap serangan asam.

Efek Samping

Efek Samping dari kandungan fluoride harus kita ketahui agar dapat mencegahnya. Berikut merupakan beberapa efek samping penggunaan fluoride.

1. Penyakit Tulang

Paparan fluorida secara berlebihan dapat mengakibatkan Penyakit Tulang yang di sebut fluorosis kerangka. Apabila kondisi ini berlangsung selama bertahun-tahun dapat menimbulkan rasa sakit serta kerusakan pada sendi dan tulang. Fluorosis tidak hanya mempengaruhi gigi, tetapi juga berdampak pada tulang di seluruh tubuh kita. Sendi dan tulang yang terkena fluorosis akan menjadi kurang elastis dan lebih kaku sehingga meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol dan memantau paparan fluorida agar tidak berlebihan untuk mencegah masalah kesehatan serius pada sendi dan tulang di masa mendatang.

2. Kelainan Struktur Gigi

Tingginya kandungan fluorida dapat memberikan efek samping negatif pada kesehatan gigi. Konsentrasi fluorida yang melebihi 4,0 ppm di anggap berisiko dan berbahaya bagi tubuh. Jika di biarkan, efek samping ini bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik atau garis pada enamel gigi. Seiring berjalannya waktu, Kelainan Struktur Gigi menjadi lebih jelas, termasuk perubahan warna gigi yang bisa berubah menjadi kecokelatan dan menguning.

3. Gangguan Hormon Tiroid

Kadar fluorida yang terlalu tinggi dalam beberapa kasus dapat menyebabkan Gangguan Hormon Tiroid. Dampaknya bisa menyebabkan kondisi hiperparatiroidisme, di mana fungsi regulasi hormon kalsium menjadi tidak terkontrol. Akibatnya, terjadi pengurangan kalsium dalam struktur tulang dan potensi peningkatan kadar kalsium dalam darah. Kondisi ini bisa di alami baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Itu dia beberapa Manfaat Fluoride, cara kerja serta efek samping yang dapat di timbulkannya. Gunakanlah kandungan fluoride secara cukup dan tidak berlebihan agar dapat merasakan Manfaat Fluoride.