BeritaTV24

Berita Hits & Viral TV Hari Ini

Travel

Wisata Curug Wangun Yang Indah Dan Tersembunyi Di Subang

Wisata Curug Wangun Yang Indah Dan Tersembunyi Di Subang
Wisata Curug Wangun Yang Indah Dan Tersembunyi Di Subang

Wisata Curug Wangun Yang Terdapat Di Kawasan Subang Ini Cukup Tersembunyi Dan Menawarkan Panorama Yang Sangat Indah. Mengunjungi keindahan Curug Wangun bisa menjadi pilihan yang asik bagi kita yang ingin melepas lelah sejenak ketika berlibur ke Subang. Subang, yang berada di kawasan Jawa Barat terkenal mempunyai banyak air terjun yang mempesona. Dalam bahasa Sunda, air terjun di sebut dengan istilah curug. Jumlah curug yang cukup banyak di kawasan ini tidak mengherankan karena Subang terletak di dataran tinggi serta di kelilingi oleh bukit-bukit dan pegunungan. Kondisi geografisnya inilah yang menjadikan Subang kaya akan keindahan alam, termasuk beragam curug yang terdapat di seluruh kawasannya. Karena lokasinya yang cukup strategis di pegunungan, tak heran Subang menjadi tempat yang sesuai untuk menemukan air terjun yang menenangkan dan indah. Setiap curug di Subang akan menyuguhkan pesona dan keindahannya yang unik karena mampu menarik hati para wistawan.

Dari banyaknya jumlah curug yang terdapat di Subang, Curug Wangun merupakan salah satu yang paling di sarankan untuk di kunjungi. Curug ini tidak hanya akan menawarkan panorama yang memukau, melainkan juga suasana yang fresh dan sejuk sehingga cocok untuk kita yang ingin beristirahat dari aktivitas sehari-hari. Suara gemericik air yang jatuh dan panorama alam yang asri di sekitar Curug Wangun juga bisa menyegarkan dan menenangkan pikiran kita.

Bagi para pecinta alam, berkunjung ke Curug Wangun dapat menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Dengan berbagai curug yang mudah kita jumpai di sekitar Subang, para pengunjung memiliki banyak pilihan destinasi untuk di jelajahi. Setiap curug memiliki keindahan dan karakteristiknya tersendiri sehingga menjadikan setiap perjalanan ke Subang terasa sangat menyenangkan dengan keindahan alamnya. Oleh karena itu, bagi kita yang mencari tempat untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam, Curug Wangun di Subang adalah destinasi wisata yang sempurna.

Daya Tarik Wisata Curug Wangun

Berikut merupakan beberapa Daya Tarik Wisata Curug Wangun yang menarik para wisatawan.

1. Air Terjun Dengan Tiga Undakan

Salah satu daya tarik utama Curug Wangun adalah air terjunnya yang mengalir dari ketinggian sekitar 220 m di atas permukaan laut. Curug ini termasuk salah satu air terjun yang paling tinggi di daerah Jawa Barat. Curug Wangun juga merupakan Air Terjun Dengan Tiga Undakan dengan ketinggian yang berbeda-beda. Undakan pertama di ketahui mempunyai ketinggian sekitar 120 m, undakan kedua sekitar 60 m, dan undakan ketiga berkisar 40 m. Sekilas, Curug Wangun memang tidak tampak begitu tinggi di karenakan terbagi menjadi 3 undakan. Akan tetapi, ketika kita berada di bawah curug dan melihat ke atas, akan terasa bagaimana tingginya air terjun ini.

2. Menjadi Sumber Pengairan

Daya tarik lain dari Curug Wangun adalah mengenai perannya yang Menjadi Sumber Pengairan bagi penduduk setempat. Air terjun ini di gunakan untuk mengairi perkebunan, persawahan, serta keperluan sehari-hari karena kejernihan airnya. Air yang mengalir melalui bebatuan dan tiga undakan di Curug Wangun ini tampak seperti telah ter-filter secara alami sehingga saat mencapai kolam di bawahnya, air tersebut sangat jernih. Bahkan, sejumlah penduduk lokal meminum airnya secara langsung tanpa perlu di masak terlebih dahulu. Kita dapat mencoba meminum air Curug Wangun langsung sebelum air tersebut jatuh ke dalam kolam.

3. Air Terjun Penuh Bebatuan Yang Eksotis

Daya tarik kedua dari Curug Wangun yaitu merupakan Air Terjun Penuh Bebatuan Yang Eksotis. Alih-alih langsung jatuh, air terjun ini akan mengalir melewati bebatuan terlebih dahulu. Bebatuan yang membentuk tiga undakan ini terlihat sangat alami dan eksotis pada Curug Wangun. Warna hitam keabuan dari bebatuan tersebut, sebagian tertutupi oleh tumbuhan hijau sehingga menambah kesan asri dan mempercantik keindahan air terjun Wangun. Kombinasi antara tanaman hijau dan bebatuan ini menciptakan pemandangan yang mempesona dan membuat Curug Wangun tampak lebih menakjubkan.

Lokasi Dan Rute Perjalanan

Lokasi Dan Rute Perjalanan menuju Curug Wangun harus kita ketahui sebelum ke sana. Curug Wangun berada di Jalan Desa Buniara, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Untuk mencapai tempat ini, ada baiknya kita memulai perjalanan dari pusat kota Subang agar lintasan perjalanan lebih mudah di ikuti. Jarak dari pusat kota Subang menuju Curug Wangun sekitar 67 km, yang mana membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Untuk lintasannya, kita bisa memulai dari pusat kota Subang dan pergi menuju Pasar Tanjungsiang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Desa Buniara di Kecamatan Tanjungsiang. Saat kita tiba di desa tersebut, teruslah berkendara menuju Kampung Citombe, yang memiliki jarak sekitar 3 km lagi.

Setelah sampai di Kampung Citombe, kita tidak boleh menaiki kendaraan karena perjalanan selanjutnya harus di lewati dengan berjalan kaki. Dari sini, kita akan mendaki sekitar 20 hingga 30 menit untuk mencapai lokasi air terjun. Perjalanan ini mungkin akan terasa melelahkan, namun panorama alam yang indah di sepanjang jalan dan keindahan Curug Wangun yang menanti di ujung perjalanan akan membuat lelah kita terbayarkan.

Walaupun perjalanan menuju Curug Wangun membutuhkan tenaga dan waktu, keindahan yang di tawarkan oleh air terjun ini sangat layak untuk di kunjungi. Dengan persiapan yang baik dan semangat petualangan, kita bisa menikmati salah satu paronama alam yang menakjubkan di Subang. Jadi, jika kita mencari tempat untuk healing dan menikmati keindahan alam, Curug Wangun adalah pilihan yang tepat.

Tips Berwisata

Berikut merupakan beberapa Tips Berwisata yang dapat kita ketahui sebelum berkunjung ke Curug Wangun.

1. Menggunakan Alas Kaki Dan Pakaian Yang Sesuai

Di karenakan kita akan melakukan pendakian selama sekitar 20 hingga 30 menit, sangat penting untuk Menggunakan Alas Kaki Dan Pakaian Yang Sesuai. Kemudian pastikan juga alas kaki yang di gunakan tidak licin dan tertutup untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu, mengenakan pakaian yang agak tebal juga di anjurkan karena udara di sekitar curug yang cenderung dingin. Jika kita tidak ingin menggunakan pakaian yang tebal, membawa jaket juga sangat tepat untuk di gunakan saat merasa kedinginan. Persiapan yang tepat akan membuat perjalanan menuju Curug Wangun lebih menyenangkan dan nyaman.

2. Menghindari Datang Saat Musim Hujan

Apabila berencana berlibur ke Curug Wangun, sebaiknya kita Menghindari Datang Saat Musim Hujan. Terdapat beberapa alasan penting untuk menghindari musim hujan saat berkunjung ke sini. Pertama, debit air terjun akan jauh lebih deras, yang bisa berisiko pada keselamatan. Selain itu, air terjun cenderung akan keruh saat terjadi hujan sehingga keindahannya berkurang. Kedua, jalan menuju destinasi wisata akan menjadi lebih terjal untuk di lalui. Pasalnya rute mendaki yang harus di tempuh masih berupa tanah dan belum di aspal sehingga sangat memungkinkan menjadi licin dan susah di lewati saat musim hujan. Kondisi jalan yang licin inilah yang dapat berpotensi membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, untuk pengalaman berlibur yang lebih nyaman dan aman, lebih baik mengunjungi Curug Wangun pada musim kemarau atau ketika cuaca sedang cerah.

Berkunjung ke Wisata Curug Wangun akan menjadi pengalaman berwisata yang berkesan dan tak terlupakan. Pastikan mempersiapkan rencana bepergian dengan tips di atas agar tetap aman mengunjungi Wisata Curug Wangun.